fe@unnur.ac.id (022) 6034484

Studi Banding di BAT

Pada tanggal 9 Maret 2018 beberapa pejabat Unnur mendapat undangan untuk berkunjung ke Batam Aero Technic (BAT) yang berada di Bandara Hang Nadim Batam. BAT pada awalnya bernama Lion Technic, karena merawat hampir seluruh pesawat yang dimiliki oleh Lion Group (Lion Air, Wings Air, Batik Air, Malindo Air), maka berubah nama menjadi Batam Aero Technic (BAT).  Banyak alumni Unnur yang bertugas di BAT, dan saat kunjungan Direktur BAT dinas ke Jakarta sehingga rombongan Unnur diterima oleh Quality Assurance Manager yang kebetulan alumni Unnur 1991 (dulu masih AADB).

Kedepannya BAT diharapkan menjadi pusat MRO (Maintenance, Repair, and Overhaull) di wilayah Indonesia Bagian Barat. Saat ini melayani perawatan pesawat – pesawat dari maskapai penerbangan Lion Air, Batik Air, Wings Air, Malindo Air. Kedepan direncanakan akan menjalin kerjasama dengan Thailand dan Vietnam.

Saat ini terdapat beberapa mahasiswa FT Unnur yang melaksanakan PKL di BAT. Beberapa masukan yang kita anggap penting untuk pengembangan Unnur kedepan yang antara lain :

  1. Selain kebutuhan maintenance mechanic, kedepan BAT juga memerlukan shop mechanic.
  2. Walaupun para lulusan Unnur memiliki skill yang mumpuni namun faktor komunikasi (tatap muka atau lisan, dan tertulis) masih perlu ditingkatkan.
  3. Dengan bertambah luasnya jangkauan perawatan pesawat yang ditanganinya, maka kemampuan bahasa Inggris mutlak diperlukan. Untuk kemampuan inipun, lulusan Unnur masih dirasa perlu ditingkatkan. Semoga beberapa masukan ini dapat digunakan Unnur untuk melakukan perbaikan dalam proses belajar-mengajar.