fe@unnur.ac.id (022) 6034484

Kunjungan Unnur Ke Jerman

Dengan mengambil tema “Kerjasama Pendidikan Luar Negeri Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Universitas Nurtanio Bandung”, Rektor bersama Ketua BPH Unnur dan beberapa Staf telah berkunjung ke beberapa lembaga pendidikan di Jerman. Kunjungan ke perguruan tinggi di Jerman kali ini bertujuan untuk menjalin kerjasama baik dalam bidang Teknik Penerbangan maupun pendukung penerbangan (logistik & bidang sosial). Dipilihnya Jerman karena di negara ini teknologi Dirgantara relatif maju dibanding negara-negara lainnya.  Selain itu sebagai kunjungan balasan dari Dekan HIWL yang pernah memberikan “Seminar Logistik” di Unnur.  Sedang kunjungan ke TU Braunschweig sebagai tindak lanjut kunjungan Konjen RI dan Wakil Walikota Braunschweig ke Pemerintah Kota Bandung beberapa waktu yang lalu, dimana Unnur ikut hadir dalam pertemuan tersebut. Dalam kunjungannya Konjen mendorong perguruan tinggi yang memiliki ciri kedirgantaraan untuk dapat menjalin kerjasama dengan TU (Tehnische Universität) Braunschweig. Inilah salah satu alasan mengapa Konjen RI di Hamburg memfasilitasi dan memberikan perhatian terhadap kunjungan Unnur ke Jerman.

Kunjungan pertama ke Lufthansa Technik yang berlokasi di Hamburg yang merupakan perusahaan MRO (Maintenance Repair and Overhaul) bidang pesawat udara terbesar di Jerman dengan tujuan untuk studi banding/benchmarking guna memperoleh masukan terkait dengan fasilitas dan pendidikan teknisi pesawat udara berbasis AMTO, dan “market demands” khususnya industri penerbangan.

Kunjungan berikutnya ke HIWL (Hochschule für Internationale Wirtschaft und Logistik), dimana telah dilakukan penanda tanganan MOU antara Unnur dan HIWL di bidang pendidikan Logistik yang terkait dengan Fakultas Teknik, Ekonomi dan Ilmu Sosial & Ilmu Politik Unnur.   Rombongan Unnur diterima oleh Chancellor HIWL. Mr. Hans-Joachim Kahlen, dan Course Director Logistics HIWL, Prof. Dr. Ing. Josef Decker.

Hari berikutnya kunjungan dilanjutkan ke TU (Tehnische Universität) Braunschweig.   Ditempat ini telah ditandatangani MOM antara FT Unnur dengan TU Braunscweigh. Rombongan Unnur diterima oleh Presiden TUB Prof. Dr. Ing. Jurgen Hesselbach dan wakil International Office TUB  Dr. Ute Kopka yang menyambut keinginan Unnur meningkatkan kapasitas program perawatan pesawat udara. TUB merupakan institusi teknologi tertua di Jerman yang didirikan tahun 1745, dan sebagai salah satu universitas dengan fasilitas riset terbaik di Jerman. TUB sendiri memiliki reputasi dalam bidang riset transportasi dan kedirgantaraan melalui lembaga riset Automotive Research Centre Niedersachsen (NFF) dan Aerospace Research Centre Niedersachsen (NFL) bekerjsama dengan German Aerospace Centre (DLR).

Pada hari yang sama rombongan Unnur yang didampingi Konjen RI di Hamburg ibu Sylvia Arifin dan Staf memenuhi undangan jamuan dari Walikota Braunschweig, Mrs. Friederike Harlfinger. Semoga dengan kunjungan ini akan membawa manfaat bagi kemajuan Unnur, khususnya dalam hal pengelolaan program UAMTC, dan peningkatan akreditasi institusi Unnur.